Selasa, 02 Februari 2016

Penelitian Dalam Psikologi Sosial

Pengantar




Psikologi sosial adalah ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan diperoleh dari penelitian yang dilakukan sesuai kaidah ilmiah. Sebagai ilmu pengetahuan harus bersifat ilmiah (logis, sistematis, objektif, terukur).

Tujuan riset dalam psikologi sosial

  1. Deskripsi
  2. Analisis kausalitas
  3. Penyusunan teori
  4. Aplikasi

Metode penilitian berdasarkan tempat : laboratorium dan lapangan


Metode penelitian berdasarkan metode


  1. Observasi sistematis, observasi yang melakukan pengamatan secara teliti dan akurat dan bukan observasi alamiah yang hanya mengamati begitu saja. Jika observer sebagai partisipan maka observer akan memperoleh data utuh tetapi sulit untuk membuat catatan dan menimbulkan ketidaknyamanan bagi partisipan yang diobservasi. Sebakiknya jika observer sebagai non partisipan maka observer tidak dapat mengetahui seutuhnya data pengalaman partisipan, tetapi mudah untuk membuat catatan dan tidak mengganggu partisipan yang lain. Data observasi bersifat aktual tetapi tempat dan situasinya yang terbatas serta tidak mampu mengunkapkan hal yang bersifat personal.
  2.  Metode survei, metode penelitian yang meminta partisipan menjawab pertanyaan tentang suatu aspek. Biasanya digunakan karena ekonomis dan efektif terhadap sampel yang banyak. Metode survei terbagi menjadi cross section (waktu tertentu) dan longitudinal (metode survei yang membutuhkan waktu yang lama). Metode survei ini bertujuan memahami pemikiran, pendapat, dan perasaan individu atau kelompok, juga biasanya dipakai sebagai data evaluasi.
  3. Metode korelasional, metode yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antarvariabel tetapi tidak menjelaskan hubungan sebab akibat. Ciri umum metode ini adalah mempunyai 2 atau lebih variabel yang diteliti. Metode ini terbagi menjadi eksplanasi yang bertujuan mengetahui hubungan antarvariabel, dan prediksi bertujuan memprediksi hubungan antarvariabel (contoh IQ dan memprediksin IPK mahasiswa). 
  4. Metode eksperimen, metode kuantitatif yang bertujuan mengetahui dampak dari perlakuan yang dilakukan terhadap partisipan. Eksperimen berdasarkan tempat terbagi menjadi eksperímen lapangan yang tinggi padavaliditas eksternal dan cocok untuk mempelajari proses sosial psikologis tetapi kontrol terhadap partisipan rendah dan membutuhkan waktu cukup lama, sedangkan eksperimen laboratorium yang tinggi di validitas internalnya dan partisipan dapat dikontrol tetapi kurangnya kekuatan variabel bebas.

Metode pengumpulan data

  1. Pelaporan diri, subjek diminta mengisi angket atau kuesioner.
  2. Observasi, mengamati subjek.
  3. Arsip, data yang telah ada untuk digunakan pada tujuan lain.
  4. Internet, riset digunakan dengan menggunakan media online, contoh survei.

Etika Riset

  1. Informed consent, persetujuan partisipan berpartisipasi setelah mengetahui manfaat dan resiko.
  2. Debriefing, partisipan diberi penjelasan tentang tujuan dan prosedur riset.
  3. Minimal resiko, resiko riset tidak boleh lebih besar dari resiko yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

0 komentar:

Posting Komentar