Sabtu, 23 Januari 2016

Pegantar Psikologi Sosial

Psikologi Sosial ?

Psikologi sosial adalah cabang psikologi yang mempelajari hubungan Perilaku, Pemikiran, dan Perasaan Individu dengan Stimulus sosial pada suatu lingkungan.

Pandangan ahli terhadap psikologi sosial ?

Psikologi sosial adalah ilmu tentang pengalaman dan perilaku individu dalam kaitannya dengan situasi stimulus sosial. Dalam definisi ini, stimulus sosial diartikan bukan hanya manusia, tetapi juga benda-benda dan hal-hal lain yang diberi makna sosial (Sherif dan Musfer, 1956).

Kata Kunci dalam Psikologi Sosial ?


  1. Ilmiah, psikologi sosial adalah ilmu yang ilmiah karena telah diuji kebenarannya sehingga mendapatkan fakta-fakta yang logis.
  2. Interaksi Sosial, hubungan antara individu dengan yang lain.
  3. Perilaku Individu.
  4. Perilaku Sosial Individu, perilaku individu pada suatu lingkungan sosial.
  5. Stimulus Sosial, yang menimbulkan perilaku sosial individu. Contoh : sesama manusia, aturan, nilai, budaya, dll.

Bagaimana Pengaruh dan Proses Individu Berperilaku sosial ?

 

 

Karakter individu (nature) dan Situasi sosial (nurture) adalah pengaruh individu berperilaku. Contoh dari proses diatas untuk memperjelas bagaimana perilaku ditampakkan :

Seorang anak yang orang tuanya pecandu rokok dan mewariskan genetiknya secara alamiah (nature), dan anak ini bergaul dengan orang-orang yang suka merokok (situasi sosial). nature dan nurture tersebut mempengaruhi persepsinya tentang merokok dan mengevaluasi bahwa orang-orang sekitarnya pun merokok, jadi ada kecenderungan untuk anak ini berperilaku. Akhirnya, anak ini menampak suatu perilaku, yaitu merokok.

1 komentar: